Arsip Kategori: Tips Yamaha Vixion

TIPS MENGATASI SELEBOR BELAKANG VIXION ORI YANG DI POTONG BIAR GAK MUNCRAT

Musim hujan merupakan merupakan halangan bagi para bikers, apalagi motornya di modif ala nekat. Seperti punya saya, selebor ori yang di potong biar kelihatan kekar namun ga ngluarin duit. Namun akibat selebor ori vixion yang di potong, pada saat setelah hujan, air bercampur lumpur/tanah dari ban belakang akan muncrat sampai punggung. Memang sangat mengesalkan, apalagi kalau kita membawa boncengers. Pasti minta turun. hahaa.. Sebelum buat ni selebor tambahan, ane kalo ujan musti cari ranting yang ada daunnya. trus di suntlepin di bawah plat nomer. Alhasil untuk sementara air ga nyumpat nyumprit. Tetapi ranting tadi dapat copot sewaktu waktu tanpa pembertahuan terlebih dahulu. Jadilah motif baju gratisan. hahaa..
Nah, akhirnya kemaren ada waktu luang dan kebetulan om ane punya bengkel Las Listrik dan kepikiran buat selebor tambahan ala avatar dari plat besi yang dapar di pasang dan di lepas. Tergantung cuaca gan. Mulai dengan mencari limbah yang ga di pakai, setelah ketemu langsung buat pola, nah buat yang mau buat juga bisa di coba. yukk…

Bahan yang dibutuhkan:
1. Platbesi 20cm x 10 cm.
2. Mur+Baut ukuran 6 kalo ga salah. soalnya di bawah 8. dan bautnya yg + lho gan… Jumlah 2 pasang saja.
3. Cat/Pilok kalo pengen kelihatan Berwarna dan ga teyeng. Hahaha
4. Besi persegi/Plat tapi lebih tebal dg ukuran 1 x 2 cm. (2 Buah)

Alat: [Kalo ga punya langsung ke tukang las aja, Hehee]
1. Las Listrik/Karbit
2. Gerenda
3. Pemotong Plat [Ga tau namanya -__-”
4. Bor ukuran 6/Paku [Buat Bolongin selebor]

Langkah”nya:
1. Buat Pola Bentuk selebor yang mau di buat. terserah bentuknya, kalo panjang kira” 20 cm. dan lebarnya 7 cm…  Dan panahnya lebarnya 10. [Lihat gambar 1]
2. Potong menurut pola.
3. Buat 2 Lubang Atas dan bawah untuk baut+mur. (Dikira kira saja yg penting lurus pas di tengah) [Lihat Gambar 2]
4. Las pinggir mur ke lubang yang di buat tadi. Biar ga ilang kalo ga di las sewaktu di copot. Pasang dahulu mur + baut kemudian di kencangin biar enak pas di las dan gak gerak” + pas lobang. [Lihat gambar 1]
5. Las besi plat tebal tadi di atas baut. Dua duanya sama. Gunanya  biar ga usah memerlukan alat waktu memasang di selebor. [Lihat Gambar 1 atau 2]
6. Kalau sudah selesai di atas kemudian buat 2 lubang di selebor sesuai plat yang di lobang tadi… kalo sudah di coba dulu ya, udah pas ato belom. [Lihat Gambar 3]
7. Kalau sudah pas dan cakep tinggal di poles dikit biar rapi. Dan di cat bila ada biar ga norak” amat. hwakakakk.. Jangan lupa dibengkokkan ke belakang dikit biar Nyentrik.
8. Lakukanlah Tes dulu waktu ujan. apakah masih muncrat ato tidak. Kalau masih muncrat berarti kurang besar. (Tergantung ban jg sih gan) Ane pake ukuran 120/70 di velg standar vixion.

Ane sudah pake 5x Hujan dan hasilnya memuaskan. tidak muncrat.
Keuntungan buat selebor tambahan ini yaitu:
1. Mudah pasang dan cepat waktu uja. dan pas ga ujan bisa di copot.
2. Dana sedikit karena buat sendiri. Hahahaa
3. Kalo pas ujan ga muncrat ke boncengers dan pengendara di belakang ga kena banget”.
4. Ukuran kecil bisa di tempatkan di bawah jok. [Lihat Gambar]

Nahh, ni gambarnya gan…

1. Pola dari belakang

2. Pola Depan +Baut

 

 

 

 

 


3. Lubang di selebor

4. Hasil setelah di pasang

5. Ditaruh Di bawah jok

6. Tampak Dari Belakang

7. Tampak Dari Samping

Semoga bermanfaat. Monggo dikomeng. 😀

NB: Kalau Mau Pesan Juga Bisa nanti Komen saja+Kasih no HP nanti saya kerjakan dan kirim”. Ongkir tanggung sndiri ya gan. Harga by PM. Hehehee… Buatnya bisanya sabtu dan minggu. Selain hari itu saya kuliah disolo. [Lokasi ane Klaten]
Email: axbarif@ymail.com

Iklan

Ganti lampu speedometer vixion dengan LED [PART 2]

Okay, Setelah kemaren pake bohlam, ane mo share dari blog sebelah yang pake LED. Cekidot gan:

ini poto2nya..
 
Cara bikinya sih susah-susah gampang.. dan biayanya sih bisa dibilang cukup murah ..
Lanjutkan membaca Ganti lampu speedometer vixion dengan LED [PART 2]

Speedo RPM vixion Mati Karena Cuaca Dingin

( ∩_∩ )づ Ħăii mas bro, gimana kabar vixion sampeyan??? 😀 dah lama gak posting iki. Mumpung lagi santaaaaai gue dan ane mai Berbagi pengalaman lagi tentang vixion ane yang speedo RPMnya ngambek gara gara ga ane kasih selimut. Hehee… Soalnya gara gara ane ajak ke daerah pegunungan di wonogiri dan di Candi boko. Pertamanya tau pas ane di candi boko selatan candi prambanan yg buat bumi lerkemahan gan, waktu itu las nemenin adek adek pramuka skolah ane yg dulu kemah akhir tahun. Waktu itu ane pulang jam 6 pagi han, Awalnya ga tau sihh, pas idupin msih kog di RPM udah nympe 4000Rpm? Pdahal  ga di gas… apa mungkin mati ya? Tapi ane betot dikiiit gasnya, tp usaha sia sia, rpm ga bergerak sama sekali. Persepsi ane pasti mati nihh speedo, Kemudian pulanglah ane karena siangnya masuk kuliah. Tapii Pas buat ane udah jalan sekitar 2Km ane betot lagi tuu gas sampai pooolll selama tiga detik, dan akhirnya si dia mau turun ke bawah. Alhamdulilaah bisa lagi, kirain lucak. Mungkin mesin biar panas dl kali ya gan. Tapi ane juga blm tau pastii.
Bulan berikutnya ane pergi ke wonogiri tempat temen ane tepatnya di girimarto. Wahh… Jalannya gan. Jooss banget. Nikmat banget buat rebahan plus kebut kebutan. Soalnya dah sepi, jalannya mulus, lebar. Tapi susahnya ga haval jalan. Jadi takuts gan. Agan agan yg blm pernah ke wonogiri hrus nyoba tuuhh ga kalah ama jalan yg dket telaga sarangan jatim… hehee.. Lanjutt ke topik yukk. Wkwwk.
Setelah ane smpe di rumah tmen ane ternyata dingin juga gan. Tapi ga kpikiran ama rpm.nya. Waktu ane pulang ternyata kejadian terulang kembali gan. Nihh ane foto dikit gan. Hehee… *Action*

image

Penampakan dari jauh biar percaya kalo  gak di gas. Hehee

image

Penampakan dari deket biar kliatan.

Nah, setelah ane coba jalan sekitar 2km tuu Rpm bisa idup kmbali gan. Jadi kesimpulannya Speedo rpm pada vixion jika terkena udara dingin akan macet/ngancing/Gak mau gerak. Intine ki mandhek raisoh obah koyo nggon gambar. Ane juga g pasti tau apa penyebabnya. Mnurut knyataannya sih gitu. Mungkin tmen2 yg tau bisa komeng di bawah.
Semoga pengalaman ane mnambah pengalaman agan juga. Mudah2han jangan kaget dulu kalo rpm mati.
Soo, sekian untuk kali ini. Matursuwun.

NB: Maaf kalo tulisannya jelek plus gak lengkap. Posting via worpress for android soalnya. Jadi susah ngetik karena jempol kegedean. ~(‾▿‾~) (~‾▿‾)~

 

Sedikit Pencerahan dari agan andrian. Thanks Gan.


oh, soal rpm yang langsung loncat itu
itu bukan masalah, tpi krna kondisi dingin pada mesin sehingga ECU mengsetting gas pada rpm tinggi sehingga oli yang ditakutkan beku(walaupun tidak beku total) itu bisa cair bro
jdi itu bukanlah kesalahan ato rusaknya rpm, tpi itu memang kinerja ECU untuk menjaga kondisi mesin agan-agan sekalian

Ganti lampu speedometer vixion (versi murah)

Selamat malam gan… sedikit share tentang lampu speedometer ane nihh gan. Setelah surfing tentang modif si vixi ane jadi pengen ganti lampu variasi speedo vixi, tapi berhubung yg di internet mahal karena pake lampu LED. Harganya skitar 25rbuan. liat di kaskus, ane iseng iseng tanya di bengkel pas ane lg ganti oli. Ternyata lampu speedo di vixi sama dengan lanpu spedo motor laen gan. Trus ane tanya deh ma pemilik bengkel. Ternyata ada gan. Harganya 1000/biji gan. Tapi nyeselnya pas warna pink yg ane suka dah abis *Muntah muntah* . Haahh… Tinggal ijo ma kuning. Tapii gak ada salahnya ane nyoba dulu gan. Ane ganti yg ijo…
Nihh penampakannya gan:

Yg warna putih lampu spido yg asli. Trus yg kuning lampu sein. Bedanya cuma dikit. Lebih kecil yg speedo. Sorry gan.. warna ijonya udah terpasang di vixi. Tapi ane masang warna yg ijo gan. Hehee… pasangnya tinggal suruh buka pak bengkel aja. Suruh pasangin. Cuma butuh dua gan. Masing” di speedo kcepatan ma Rpm. Yg bensin blom nemu yg warna. Jadi terpaksa ttp kuning dulu. Kalo mau di cat boleh. Tapi resiko tanggung sendiri yaa… hehee…
Langsung aja penampakan yg udah terpasang si speedo gan:

image

image

Lumayan keren gan. Mungkin kalo di ganti yg LED lbih ajib lagi. Soalnya tuu bolam warna dasarnya kuning. Jadi kalo di campur ma ijo jadi agak putih” gitu gan… Tapi udah keren untuk yg murah murah. Nihh rincian harga:
2 Lampu @1000 = Rp. 2000
Ongkos pasang 3000.
Total 5000 dah jadi keren dikit.
☺Hë•⌣•hë•⌣•Hë•⌣•hë☺ :p.. ♓é² :p.. ♓é² :p.. ♓é² :p …
Nb: HARGA dan Ongkos tiap daerah berbeda beda. ~(‾▿‾~) (~‾▿‾)~
Nambah modif lampu kota pluss sein gan:

image

Yg lampu kota sama ama lampu spidoo.. yg ini baru dapet warna ungu gan. Susah soalnya kaloo tinggal di desa.
˘ ºˇ ώκώЌώκ ˚•☺•˚ώκώЌώk

Met mencoba bwt yg pengen tapi duitnyaa mepet. Hehee…
SALAM MURAHHH…
ヽ(´▽`) ノ

Follow my tweet: @axbarif

Pasang Stang Byson di Vixion

( ∩_∩ )づ Ħăiii˚ gan.. setelah post di katagori andro ane mau share tentang judul di atas gan… Soalnya masih pada bingung. Termasuk gue gan. HªhªhªhªHªhª…
Yuk crutt kita mulai… Buat agan yang mau ganti stang vixion dengan stang byson ane punya pengalaman gan. Kemaren ane cari di Klitikan solo, soalnya ane kos di solo gan. buat stang yang asli skitar 75an gan. Itu belum termasuk Ongkos pasang gan. Tapi waktu ane baca di Dunia Gemblung alias internet. Ada yang ngasih saran mending kalo beli stang byson langsung di dealernya aja. So, ga pake basa basi ane langsung ngacir ke TKP gan. Biasaa cuma tanya doang gan ĦăªĦăĦăĦăª, soalnya ga setiap dealer ready stock gan. Ada juga yang harus nginden. Tapi ane cari yang ga nginden. Ane nemu di kondang motor daeraaahh… mmm… daeraahh… mana ya gan. Lupa nii… Tak liat notanya dulu gan.. *Selang Beberapa Hari* Nahh, akhirnya ktmu jga gan. Dapetnya di daerah Sri wedari gan. Timur sri wedari. Tepatnya di jl honggowongso No.78 A. Ane kurang tau gan. Bukan asli solo soalnya. Hehee..
Disitu ada tapi masih barang gudang gt tow gmn. Harganya 49 Ribu gan. Mungkin se indonesia jg segitu dan ane pasang skalian gan. Gak mau ribet. Soalnya di solo cari bengkel buat si vixi masih susah… Tapi kalo agan punya bengkel yg ajib ane djasih tau yaa.  Followw twit ane ЩĸЩĸЩĸЩĸЩĸЩĸ. LANJUT GAN… Ongkos pasang cuma 15 Ribu gan. Jadi totalnya 64 Ribu Rupiah. Ane rekomendasikan pasang di dealer aja gan. Jangan di bengkel. Soal ya harus ngebor buat lubang buat sekrup yg ada tlakson, reteng dll apa tuu namanya ane gak tau. Pokoknya itu lahh. Yang penting jangan di mundurin gan stangnya. Ntar kabel kabelnya ga nyampe. Kalo bisa pasang sendri lebih bagus. Bisa sesuai keinginan. Tapi rusak tanggung sendiri gan. Hahaa
Nihh penampajan sebelom di pasangin stang kebo:

image

Nii sesudahnya gan (Pake Pengait stang yg panjang):

 

Pakai pengait yang asli:

MªªªªñÑñ†††ªªªªªPP SurªªªªñÑñ†††ªªªªªP gan. Tadi itu ane masih tak mundurin. Belom sempet pake penjepit stang yg asli. Soalnya masih pengen depan di pendekin gan. ~(‾▿‾~) (~‾▿‾)~
Cukup sekian untuk hari ini gan. Smoga bermanfaat.

 

(Sorry Acak Acakan, Pake HH soalnya)