4 verifikasi Manajemen Informasi-Rekam Medis dalam akreditasi Puskesmas

4 Verifikasi Manajemen Informasi-Rekam Medis dalam akreditasi Puskesmas

  1. Ada pembakuan kode klasifikasi diagnosis, kode prosedur. simbol dan istilah yg konsisten & sistematis sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Serta penggunaan ICD-X/ICD-9 pada saat melakukan koding diagnosis. Ini dimaksudkan agar informasi data pasien dapat akurat berdasarkan isi catatan medisnya dan sesuai dengan standar baku yang telah ditentukan.
  2. Petugas dapat mengakses info medis sesuai tugas & tanggungjawabnya yg mencakup monitoring & evaluasi pelayanan & asuhan yg diberikan. Pengaksesan informasi konsisten dengan tingkat kerahasiaan & keamanan informasi (konfidensial). Akses info medis ini dimaksudkan untuk pihak intern, ekstern dan juga pihak ketiga dalam hal ini asuransi, instansi perusahaan dan lainnya. Aspek securitas konfidensialnya harus dijaga terutama jika diminta dari pihak ketiga harus ada persetujuan dari pasien dahulu.
  3. Terdapat rekam medis pasien dengan kode yang baku, terdapat mekanisme pengkodean, penyimpanan, dan pendokumetasian yang memudahkan petugas. Ini bertujuan setiap proses identifikasi dan hasil pelayanan dapat berkesinambungan baik info medisnya selama periode perawatan sehingga mudah dalam penyajian datanya.
  4. Isi rekam medis mencakup ; diagnosis, pengobatan, hasil pengobatan & kontinuitas asuhan. Ada mekanisme untuk menilai kelengkapan & ketepatan isi rekam medis, Ada evaluasi terhadap hasil penilaian dan mekanisme menjaga kerahasiaan rekam medis. Standar isi minimal rekam medis harus dipenuhi ini berkaitan dengan desain formulirnya.

Source: http://arieswidiyoko.wordpress.com/2012/10/27/rekam-medis-dalam-akreditasi-puskesmas/

Thanks to: Pak Aries Widiyoko Dosen APIKESCM

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s