TIPS MENGATASI SELEBOR BELAKANG VIXION ORI YANG DI POTONG BIAR GAK MUNCRAT

Musim hujan merupakan merupakan halangan bagi para bikers, apalagi motornya di modif ala nekat. Seperti punya saya, selebor ori yang di potong biar kelihatan kekar namun ga ngluarin duit. Namun akibat selebor ori vixion yang di potong, pada saat setelah hujan, air bercampur lumpur/tanah dari ban belakang akan muncrat sampai punggung. Memang sangat mengesalkan, apalagi kalau kita membawa boncengers. Pasti minta turun. hahaa.. Sebelum buat ni selebor tambahan, ane kalo ujan musti cari ranting yang ada daunnya. trus di suntlepin di bawah plat nomer. Alhasil untuk sementara air ga nyumpat nyumprit. Tetapi ranting tadi dapat copot sewaktu waktu tanpa pembertahuan terlebih dahulu. Jadilah motif baju gratisan. hahaa..
Nah, akhirnya kemaren ada waktu luang dan kebetulan om ane punya bengkel Las Listrik dan kepikiran buat selebor tambahan ala avatar dari plat besi yang dapar di pasang dan di lepas. Tergantung cuaca gan. Mulai dengan mencari limbah yang ga di pakai, setelah ketemu langsung buat pola, nah buat yang mau buat juga bisa di coba. yukk…

Bahan yang dibutuhkan:
1. Platbesi 20cm x 10 cm.
2. Mur+Baut ukuran 6 kalo ga salah. soalnya di bawah 8. dan bautnya yg + lho gan… Jumlah 2 pasang saja.
3. Cat/Pilok kalo pengen kelihatan Berwarna dan ga teyeng. Hahaha
4. Besi persegi/Plat tapi lebih tebal dg ukuran 1 x 2 cm. (2 Buah)

Alat: [Kalo ga punya langsung ke tukang las aja, Hehee]
1. Las Listrik/Karbit
2. Gerenda
3. Pemotong Plat [Ga tau namanya -__-”
4. Bor ukuran 6/Paku [Buat Bolongin selebor]

Langkah”nya:
1. Buat Pola Bentuk selebor yang mau di buat. terserah bentuknya, kalo panjang kira” 20 cm. dan lebarnya 7 cm…  Dan panahnya lebarnya 10. [Lihat gambar 1]
2. Potong menurut pola.
3. Buat 2 Lubang Atas dan bawah untuk baut+mur. (Dikira kira saja yg penting lurus pas di tengah) [Lihat Gambar 2]
4. Las pinggir mur ke lubang yang di buat tadi. Biar ga ilang kalo ga di las sewaktu di copot. Pasang dahulu mur + baut kemudian di kencangin biar enak pas di las dan gak gerak” + pas lobang. [Lihat gambar 1]
5. Las besi plat tebal tadi di atas baut. Dua duanya sama. Gunanya  biar ga usah memerlukan alat waktu memasang di selebor. [Lihat Gambar 1 atau 2]
6. Kalau sudah selesai di atas kemudian buat 2 lubang di selebor sesuai plat yang di lobang tadi… kalo sudah di coba dulu ya, udah pas ato belom. [Lihat Gambar 3]
7. Kalau sudah pas dan cakep tinggal di poles dikit biar rapi. Dan di cat bila ada biar ga norak” amat. hwakakakk.. Jangan lupa dibengkokkan ke belakang dikit biar Nyentrik.
8. Lakukanlah Tes dulu waktu ujan. apakah masih muncrat ato tidak. Kalau masih muncrat berarti kurang besar. (Tergantung ban jg sih gan) Ane pake ukuran 120/70 di velg standar vixion.

Ane sudah pake 5x Hujan dan hasilnya memuaskan. tidak muncrat.
Keuntungan buat selebor tambahan ini yaitu:
1. Mudah pasang dan cepat waktu uja. dan pas ga ujan bisa di copot.
2. Dana sedikit karena buat sendiri. Hahahaa
3. Kalo pas ujan ga muncrat ke boncengers dan pengendara di belakang ga kena banget”.
4. Ukuran kecil bisa di tempatkan di bawah jok. [Lihat Gambar]

Nahh, ni gambarnya gan…

1. Pola dari belakang

2. Pola Depan +Baut

 

 

 

 

 


3. Lubang di selebor

4. Hasil setelah di pasang

5. Ditaruh Di bawah jok

6. Tampak Dari Belakang

7. Tampak Dari Samping

Semoga bermanfaat. Monggo dikomeng.😀

NB: Kalau Mau Pesan Juga Bisa nanti Komen saja+Kasih no HP nanti saya kerjakan dan kirim”. Ongkir tanggung sndiri ya gan. Harga by PM. Hehehee… Buatnya bisanya sabtu dan minggu. Selain hari itu saya kuliah disolo. [Lokasi ane Klaten]
Email: axbarif@ymail.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s