Speedo RPM vixion Mati Karena Cuaca Dingin

( ∩_∩ )づ Ħăii mas bro, gimana kabar vixion sampeyan???😀 dah lama gak posting iki. Mumpung lagi santaaaaai gue dan ane mai Berbagi pengalaman lagi tentang vixion ane yang speedo RPMnya ngambek gara gara ga ane kasih selimut. Hehee… Soalnya gara gara ane ajak ke daerah pegunungan di wonogiri dan di Candi boko. Pertamanya tau pas ane di candi boko selatan candi prambanan yg buat bumi lerkemahan gan, waktu itu las nemenin adek adek pramuka skolah ane yg dulu kemah akhir tahun. Waktu itu ane pulang jam 6 pagi han, Awalnya ga tau sihh, pas idupin msih kog di RPM udah nympe 4000Rpm? Pdahal  ga di gas… apa mungkin mati ya? Tapi ane betot dikiiit gasnya, tp usaha sia sia, rpm ga bergerak sama sekali. Persepsi ane pasti mati nihh speedo, Kemudian pulanglah ane karena siangnya masuk kuliah. Tapii Pas buat ane udah jalan sekitar 2Km ane betot lagi tuu gas sampai pooolll selama tiga detik, dan akhirnya si dia mau turun ke bawah. Alhamdulilaah bisa lagi, kirain lucak. Mungkin mesin biar panas dl kali ya gan. Tapi ane juga blm tau pastii.
Bulan berikutnya ane pergi ke wonogiri tempat temen ane tepatnya di girimarto. Wahh… Jalannya gan. Jooss banget. Nikmat banget buat rebahan plus kebut kebutan. Soalnya dah sepi, jalannya mulus, lebar. Tapi susahnya ga haval jalan. Jadi takuts gan. Agan agan yg blm pernah ke wonogiri hrus nyoba tuuhh ga kalah ama jalan yg dket telaga sarangan jatim… hehee.. Lanjutt ke topik yukk. Wkwwk.
Setelah ane smpe di rumah tmen ane ternyata dingin juga gan. Tapi ga kpikiran ama rpm.nya. Waktu ane pulang ternyata kejadian terulang kembali gan. Nihh ane foto dikit gan. Hehee… *Action*

image

Penampakan dari jauh biar percaya kalo  gak di gas. Hehee

image

Penampakan dari deket biar kliatan.

Nah, setelah ane coba jalan sekitar 2km tuu Rpm bisa idup kmbali gan. Jadi kesimpulannya Speedo rpm pada vixion jika terkena udara dingin akan macet/ngancing/Gak mau gerak. Intine ki mandhek raisoh obah koyo nggon gambar. Ane juga g pasti tau apa penyebabnya. Mnurut knyataannya sih gitu. Mungkin tmen2 yg tau bisa komeng di bawah.
Semoga pengalaman ane mnambah pengalaman agan juga. Mudah2han jangan kaget dulu kalo rpm mati.
Soo, sekian untuk kali ini. Matursuwun.

NB: Maaf kalo tulisannya jelek plus gak lengkap. Posting via worpress for android soalnya. Jadi susah ngetik karena jempol kegedean. ~(‾▿‾~) (~‾▿‾)~

 

Sedikit Pencerahan dari agan andrian. Thanks Gan.


oh, soal rpm yang langsung loncat itu
itu bukan masalah, tpi krna kondisi dingin pada mesin sehingga ECU mengsetting gas pada rpm tinggi sehingga oli yang ditakutkan beku(walaupun tidak beku total) itu bisa cair bro
jdi itu bukanlah kesalahan ato rusaknya rpm, tpi itu memang kinerja ECU untuk menjaga kondisi mesin agan-agan sekalian

15 thoughts on “Speedo RPM vixion Mati Karena Cuaca Dingin”

  1. ass… vixoin saya gak bisa lari bro, apa gejalanya tu..?? padahal 1 bulan kemaren dah ganti busi.. trimakasih..

    1. Top speed brp om? Rata Rata vixion cuma 120 kpj. Biasanya kalo ga bisa lari tarikan berat, Brebet brebet mulu, Mesin cpt panas. Gak enak blas pokoknya.
      Coba di servis di beres (Bengkel Resmi). Tanyain ma mekaniknya.

  2. gan pnya gue persis kyak gtu,, smpe tak vidio tak tunjukin ke mekaniknya beres,,,ttp aj g bsa,,,bolak balik smpe streess,,g bisa bisa,,akirna dealer bilng klo,, GANTI SPEDO,,
    gundule kwi pikirku..haha
    smpe skrg tak byarin gtu,,,

  3. oh, soal rpm yang langsung loncat itu
    itu bukan masalah, tpi krna kondisi dingin pada mesin sehingga ECU mengsetting gas pada rpm tinggi sehingga oli yang ditakutkan beku(walaupun tidak beku total) itu bisa cair bro
    jdi itu bukanlah kesalahan ato rusaknya rpm, tpi itu memang kinerja ECU untuk menjaga kondisi mesin agan-agan sekalian

  4. Vixion ak masih lancar bro, pdhl tu motor th 2009 rpm meter jg ga ada masalah di tepat dingin soale pernah tek bawa nongkrong di dataran tinggi dieng aman-aman saja, top speed 130 kpj klo mau nambah top speed gimana caranya mas bro?

    1. Mungkin beda kualitas broo,,, Keluaran lama emang ane akuin lbih bgus. lebih mantap… Masih mending 130kpj. Punya ane Th 2010 Cuma dpt 120kpj. Itupun ngosNgosan. Secara bobot Rider 100Kg lebih (Lebihnya ga usah *Malu* :D).
      Klo soal speed ane blm nyoba utek utek gan, Duitnya masih buat Kuliah dulu gan.🙂

  5. Kasusnya sama persis dengan punya saya,saat pertama mesin dihidupkan jarum rpm langsung menuju ke angka 4000 rpm, tp setelah jalan bbrp Km normal lg.
    sdh saya cek+bersihin konektor dan kabel”nya sampai ke RPM meternya tetep ga ada hasil.
    Kesimpulan sementara : komponen” pd RPM meter sdh lemah jd mesti jalan bbrp menit dl baru normal kembali.

    1. Komen dari bro andrian, “oh, soal rpm yang langsung loncat itu
      itu bukan masalah, tpi krna kondisi dingin pada mesin sehingga ECU mengsetting gas pada rpm tinggi sehingga oli yang ditakutkan beku(walaupun tidak beku total) itu bisa cair bro, jdi itu bukanlah kesalahan ato rusaknya rpm, tpi itu memang kinerja ECU untuk menjaga kondisi mesin agan-agan sekalian.”

Tinggalkan Balasan

