FAKTOR RESIKO MENGUTAK-ATIK GALAXY MINI

Hal yang sangat menyenangkan bagi para pengguna Galmin adalah keleluasaan bereksperimen dalam mengutak-atik Handheld (HH)nya. Semua akibat dari tindakan mengutak-atik galmin tentu merupakan resiko masing-masing. Artinya semua tindakan tersebut memiliki resiko kegagalan yang bisa berakibat kerusakan.

 

TINGKATAN RESIKO

  • Resiko Kecil antara lain tindakan rooting, flashing dan upgrade firmware. Bentuk kegagalan yang umum terjadi bootloop atau stuck. Kegagalan tahap ini biasanya diatasi dengan cara wipe data dan flash ulang. Dan berdasarkan pengalaman, tindakan rooting dan upgrade firmware tidak sampai menghapus garansi Samsung.

 

  • Resiko Sedang  antara lain modifikasi ROM, BootROM dan Manajemen ROM. Resiko tertingginya adalah Softbrick, yaitu kerusakan software yang mengakibatkan si Mini  tidak mau hidup lagi dan tidak bisa masuk Download Mode. Akibatnya tidak bisa dilakukan flash ulang melalui Odin. Kalau sudah begini diperlukan teknik khusus atau dibawa ke SSC untuk dapat menghidupkannya kembali.

 

  • RESIKO TINGGI adalah tindakan OVERCLOCKING. Overclock adalah tindakan memaksa prosesor bekerja pada clock lebih tinggi daripada yang seharusnya. Apabila berhasil, maka HH kita akan bekerja lebih cepat dan performa lebih baik. Sebaliknya apabila gagal, HH kita akan mengalami kerusakan. Kerusakan akibat overclocking bukan lagi sebatas kerusakan software (brick) tapi sudah langsung mengenai hardware. CPU bisa jebol akibat tidak kuat digenjot pada clock tinggi. Bisa kita analogikan sbb: .. bila kita punya bohlam 12 volt lalu diberi tegangan 20 volt, tentu saja akan besinar lebih terang. Memang lampu tidak akan langsung putus, tapi dipastikan umur lampu tidak akan lama… Banyak yang membanggakan mininya mampu di oc hingga diatas 800 MHz, lengkap melampirkan hasil benchmarknya. Tapi seperti bohlam tadi, cpu si mini memang tidak langsung putus.  Setelah itu baru kejadian… sedang main game si mini tiba2 restart dan tidak mau hidup lagi, ada juga yang melaporkan layarnya jadi hitam dan bergaris atau koneksi internetnya jadi mati… Jika demikian maka kita hanya dapat berdoa semoga kerusakan masih bisa ditanggung oleh garansi Samsung.

 

SARAN BAGI PEMULA

Bagi pemula yang belajar mengutak-atik Galmin, sebaiknya mengukur dulu tingkat resiko yang sanggup ditanggungnya. Melakukan tindakan Rooting, flashing dan upgrade firmware memiliki resiko paling kecil. Apabila gagal kita tinggal mengulang langkah2nya dari awal.

 

SARAN BAGI OVERCLOCKERS

Tindakan overclock hanya direkomendasikan bagi yang sudah advance serta mengerti betul resikonya. Overclock harus dilakukan bertahap dan jangan terlalu terobsesi mengoverclock si Mini setinggi-tingginya. Pada umumnya cpu mini masih sanggup di oc hingga 20% diatas nominalnya, lebih dari itu sangat-sangat beresiko !! ..Bila muncul gejala ketidakstabilan seperti hang atau restart, segera turunkan.. dan bukan malah dinaikkan lagi.

Lakukan overclocking hanya untuk testing dan benchmarking… setelah itu untuk pemakaian sehari-hari gunakan clock standar. Sedangkan untuk main game, perlu diingat Game HD adalah program berat yang akan memaksa CPU si Mini bekerja keras. Naikkan clock secukupnya saja, jangan terlalu tinggi karena dapat mengakibatkan CPU cepat panas dan jebol…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s