MENGATASI MASALAH SENSOR TPS, IAPS, FID PADA VIXION

Image Hosted by ImageShack.us

Throtle position Sensor(TPS)
berfungsi mengatur durasi bukaan bensin berdasarkan sudut bukaanya semakin besar sudut semakin lama durasi bukaanya
Intake Air Presure Sensor (IAPS)
berfungsi mengatur durasi bukaan bensin berdasarkan tekkana udara semakin besar tekanan udara yang diterima sensor
semakin lama durasi bukaanya. kedua sensor diatas tepasang pada Throtle dan jika terjadi kerusakan maka harus diganti 1set (throtle Assy), sensor tidak dijual terpisah. karena sumber tegangan ke sensor menjadi satu maka jika terjadi kerusakan pada kedua sensor ini dapat mengakibatkan motor tidak bisa hidup dan jalan,

*catatan ditabel kerusakan tertera motor bisa hidup dan jalan yaitu apabila indikator kerusanan
hanya terjadi pada salah satu sensor ini dan kerusakan tersebut tidak menpengaruhi sensor satunya
jadi salah satu sensor masih dapat mengirimkan sinyal ke ecu untuk buka injector. motor akan berjalan abnormal pada rpm tertentu
karena komposisi campuran besin dan udara tidak seimbang (motor kekurangan bensin)

Fast Idle Selenoid (FID)
berfungsi untuk memotong waktu bukaan injector sehingga rpm idle/langsam rendah dan dapat diatur sesuai keinginan. jika sensor ini rusak/macet maka rpm idle akan tinggi diatas 2000rpm akibatnya akan menyusahkan pengendara pada saat lampu merah atau berhenti mendadak. Kerusakan pada sensor ini hanya berpengaruh pada rpm idle menjadi tinggi, motor masih berjalan normal dan top speed pun masih dapat dicapai.

penyebab Fid macet
bisa diakibatkan oleh cairan injector cleaner yang di semprotkan dari box filter tidak direkomendasikan penggunaan cairan ini disemprot dari filter dan tidak berguna karena posisi sensor terletak menyudut jika disemprotkan dari lubang filter cairan ini tidak bisa membersihkan injector
jika ingin menggunakan cairan ini sebaiknya langsung di semprot ke injector dengan cara melepas injector terlebik dahulu

Fid yang macet dapat diperbaiki dengan cara:
1 lepas Throtle assy
2 lepas sensor
3 lepas karet sil pada ujung sensor
4 rendam/ bersihkan dengan bensin
5 berikan sedikit pelumasan
6 coba tekan-tekan apabila kembali dengan cepat berarti sensor sudah normal
7 pasang karet dan pasang kembali sensor ke throtle
8 pasang kembali throtle ke sensor

itu dulu gan mudah-mudahan masalahnya teratasi.

source

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s