Awas, Gara-gara Cuci Steam Komstir V-Ixion Karatan

Awas, Gara-gara Cuci Steam Komstir V-Ixion Karatan

GILAMOTOR.com. – Paling enak mencuci motor itu dilakukan sendiri saat senggang. Sambil mencuci, kita bisa memperhatikan cat dan detil-detil kondisi motor yang mungkin jarang kita perhatikan.

Tapi saat sedang malas, menyerahkan tunggangan ke tempat pencucian motor menjadi langkah yang sering ditempuh. Selain pengerjaan lebih cepat, kita tak perlu capek dan repot mencuci motor sendiri.

Namun ada hal yang harus jadi perhatian, karena semprotan air dengan tekanan tak selamanya membantu meringankan, tapi juga bisa merepotkan.

Kita sering melihat pekerja cuci motor mengarahkan air bertekanan ke roda, sela-sela motor yang sulit dijangkau dan beberapa bagian motor lainnya. Penggunaan mesin penyemprot air dengan tekanan tinggi cukup membantu menjangkau daerah sulit, tapi jika salah menempatkan lokasinya, masalah pun bisa terjadi.

Menurut Afandi dari AFMoS, dirinya sering menerima pasien yang datang dengan keluhan komstir bermasalah. “Ada yang seret, macet dan oblak,” kata punggawa Afandi Motor Sport ini.

Menurut keterangan punggawa bengkel khusus V-Ixion ini, lebih dari 10 kasus masalah komstir sudah ditangani. “Umumnya komstir karat, jadi terasa berat untuk membelokkan stang. Bahkan ada yang radius putarnya jadi kecil,” terang Afandi.

Selidik-punya selidik, ternyata komstir karatan akibat kemasukan air saat proses pencucian dengan air bertekanan. “Saya tanya ke mereka, mulai dari cara merawat, pemakaian sampai kondisi jalan yang mereka lalui setiap hari. Memang ada yang rusak akibat kondisi jalan yang kurang bagus, tapi tak sedikit yang rusak atau karat akibat proses pencucian,” terangnya lagi.

Menurut punggawa bengkel yang bermarkas di kawasan Cileduk ini, saat proses penyemprotan dengan air bertekanan, biasanya pencuci mengarahkan air nya dari bawah ke arah stang motor, saat itulah air yang disemprotkan dengan tekanan cukup tinggi sidikit-banyak masuk ke selah-selah komstir. Jadi, kata dia, ada baiknya kita meminta untuk menggunakan air tanpa tekanan di bagian-bagian tertentu.

“Karena tak menutup kemungkinan komponen lain bisa rusak akibat dorongan air yang cukup keras. Memang saat ini saya belum menemukan kasus lain, tapi hal itu bisa saja terjadi jika kita tidak waspada,” tuturnya.

“Lumayan loh biaya penggantian komstir, bisa sampai ratusan ribu,” tutup nya sambil tertawa.

“Rubrik ini dipersembahkan oleh EVALUBE, Pelumas berteknologi yang berhasil mendapatkan kepercayaan sebagai merek paling direkomendasikan konsumen untuk pelumas motor”

Source 


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s