Cara Memberi perlindungan lebih pada Laptop

Saat ini Laptop merupakan kebutuhan bagi setiap orang, baik untuk membantu pekerjaan secara Mobile tapi juga sebagai trend Life style. jadi tak heran saat ini kebutuhan akan laptop meningkat, peningkatan jumlah pengguna juga meningkatkan kasus kejahatan baik itu pencurian, pengaksesan yang tidak diinginkan atau sebagainya. maka dalam hal ini saya sedikit kasih masukan neh biar laptop Agan semua agak lebih aman baik perlindungan secara Fisik maupun data heheee.
Sebuah password, meskipun itu tergolong password yang panjang dan rumit, sepertinya di zaman sekarang ini belum cukup untuk mengamankan laptop anda dan apa yang ada didalamnya. Pada tahun 2008 penjualan laptop melebihi PC, bisa dibayangkan bukan betapa banyak para pengguna yang beralih untuk memilih menggunakan laptop dibanding PC. Tapi yang menjadi masalah adalah keamanan laptop dari pencurian baik pencurian secara fisik maupun data yang ada didalamnya. Bahkan dilaporkan di seluruh bandara di Amerika Serikat terjadi 12,000 pencurian laptop per minggunya.
Karena maraknya pencurian laptop maka kemungkinan besar para pembuat laptop akan meningkatkan keamanan produknya dengan menerapkan teknologi-teknologi terbaru.
Berikut ini adalah sedikit teknologi yang terdapat di laptop yang tidak terlalu mendapatkan banyak perhatian, padahal manfaatnya sangat besar :

– Enkripsi drive
Banyak dari pengguna yang tidak mau sibuk-sibuk dengan urusan keamanan karena berpikir sebuah password pun sudah cukup. Namun itu sangatlah keliru karena hacker dapat menembus password dalam hitungan detik. Dan sebaliknya dengan menerapkan enkripsi drive, maka akan dapat membuat seseorang berpikir beribu kali untuk mencoba menembusnya. Sampai sejauh ini belum ada teknologi atau teknik yang dipergunakan secara luas yang dapat menembus enkripsi drive. Jadi meskipun laptop anda dicuri dan anda menerapkan enkripsi drive, anda tidak perlu waswas akan data-data pribadi yang didalamnya karena sudah terenkripsi.

– Perlindungan anti-maling yang terintegrasi

Dengan teknologi ini memungkinkan seorang pengguna atau pegawai IT di suatu perusahaan mematikan laptop secara remote. Dan juga beberapa layanan pasca-bayar yang menawarkan jasa yang sama (misalkan., PC PhoneHome, Mac PhoneHome, Computrace LoJack for Laptops, LocateMyLaptop). Cukup mendaftar dan membayar biaya per bulan.

– Pembaca sidik jari
Teknologi pengenalan sidik jari sudah mulai banyak diterapkan di beberapa laptop menengah ke atas. Dan teknologi ini efektif untuk mengurangi tingkat pencurian tapi sayangnya memang teknologi ini masih tergolong ‘mahal’ sehingga hanya laptop-laptop menengah ke atas saja yang sudah memiliki teknologi pembaca sidik jari.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s